DAERAH  

Suheri : Walau Pengawas Kelurahan/Desa Hanya Satu Orang, Namun Kerja-kerja Pengawasan Harus Maksimal.

Anggota Bawaslu Lampung (Suheri) Saat Memberikan Sambutan Pada Acara Pelantikan PKD Kecamatan Banjit Way Kanan

WARTAMU.ID, Way Kanan (Lampung) – Bertempat di Aula Kecamatan Banjit Kabupaten Way Kanan Lampung telah berlangsung kegiatan Pelantikan dan Bimbingan Teknis kepada 20 orang Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) yang ada di Kecamatan Banjit. Senin, 6/2/2023.

Pelantikan PKD Kecamatan Banjit pada hari ini (6/2/2023) merupakan rangkaian panjang yang dilalui sejak bulan Januari 2023. Mulai dari pengumuman pendaftaran, Seleksi berkas adminitrasi, wawancara, penetapan PKD terpilih, dan pelantikan.

Suheri Anggota Bawaslu Provinsi Lampung yang menghadiri pelantikan PKD tersebut dalam sambutannya berpesan agar PKD yang baru dilantik segera berkordinasi dengan pihak terkait untuk mensukseskan pengawasan Pemilu 2024.

”Dalam melakukan pekerjaan pengawasan Pemilu ditingkat Kampung/Kelurahan, PKD harus memperkuat kordinasi dengan pemerintahan ditingkat Kampung begitu juga dengan kawan-kawan penyelenggara Pemilu lainnya ( PPS) yang ada di Kampung masing-masing. Kita bekerja harus sesuai  regulasi, baik Undang-undangan Pemilu maupun peraturan lainnya yang berkaitan dengan Pemilu. ”. Jelas Suheri yang biasa disapa Daeng Suheri.

Minimnya jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) dalam hal pengawas Pemilu ditingkat kampung/kelurahan, diharapkan tetap maksimal dalam melakukan kinerja pengawasan.

”Kita juga paham betul bahwa PKD hanya ada 1 orang setiap kampungnya, tapi jangan khawatir karena ada kami baik dari Bawaslu RI, Provinsi, dan Kabupaten Kota akan memonitoring dan mengawal tahapan penyelenggaraan Pemilu ini bersama kawan-kawan PKD. Tambah Suheri.

Foto Sesi Sambutan-sambutan Setelah Pelantikan PKD Kecamatan Banjit

Usai dilantik, 20 orang PKD Kecamatan Banjit mendapatkan bimbingan teknis terkait tugas, wewenang, dan kewajibannya dalam melakukan pengawasan Pemilu tahun 2024. Ada Verifikasi Faktual dukungan perseorangan calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang dimulai pada tanggal 6-26 Februari 2023, ada juga Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Pemutakhiran data pemilih yang juga dilakukan pada bulan Februari 2023 sehingga PKD yang baru dilantik harus bersiap-siap dengan tugas pengawasannya.

Sementara itu, Edi Susandi (PKD dari Kampung Bonglai) Kecamatan Banjit yang baru dilantik mengucapkan terimakasih dan siap melaksanakan tugas Pengawasan Pemilu 2024 khususnya di Kampung Bonglai.

”Alhamdulillah kami ucapkan terimakasih atas kepercayaan Pimpinan sehingga kami secara resmi hari ini telah tergabung dalam keluarga besar Pengawas Pemilu. Selanjutnya dengan mengharapkan bimbingan selalu maka saya bersama rekan-rekan PKD lainnya yang ada di Kecamatan Banjit akan siap melaksanakan tugas pengawasan Pemilu. Sehingga Pemilu 2024 dapat berjalan secara Luber dan Jurdil”. Terang Edi Susandi kepada awak media.

Dalam Pelantikan dan Pembekalan PKD Kecamatan Banjit tersebut juga dihadiri Ketua Bawaslu Way Kanan (Yesi Karnainsyah), Anggota KPU Way Kanan (I Gede Klipz Darmaja), Camat Banjit, anggota Polsek dan Danramil Banjit, Panwascam dan PPK Banjit serta tamu undangan lainnya.

 

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *