TOT AGPAII Lampung Hari Kedua, Menulis Puisi Sebagai Sarana Moderasi Beragama

  • Bagikan
TOT AGPAII Lampung Hari Kedua

WARTAMU.ID, Pesisir Barat (Lampung) – Sebagai tindak lanjut dari kegiatan Training of Trainer (TOT) AGPAII digital tingkat Nasional DPW AGPAII Lampung menggelar Kegiatan TOT AGPAII DIGITAL tingkat Provinsi Lampung. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 6 sampai dengan 10 Desember 2021.

Kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan DPD AGPAII dari 15 Kabupaten/ Kota yang ada di Lampung, masing-masing DPD mengutus perwakilan dari seluruh jenjang TK, SD,SMP,SMA dan SMK yang ada didaerahnya masing-masing. Kegaiatan ini dibawah kepanitiaan Tim IT DPW AGPAII Provinsi Lampung.

Pada hari kedua kegiatan TOT AGPAII yang diikuti 100 orang lebih peserta secara daring melalui zoom meeting, Yuli Nugharani adalah Sekretaris Komite Sastra Dewan Kesenian Lampung (DKL) sebagai nara sumber yang kedua menyampaikan tentang “menulis puisi sebagai sarana moderasi beragama”.

Beliau menjelaskan bahwa ”puisi adalah sebagai salah satu bentuk komunikasi dengan unsur pemberi pesan, penerima pesan dan ada pesan yang disampaikan”. Kita harus menentukan sasaran penerima pesan puisi tersebut agar tersampaikan dengan jelas dan masuk ke relung hati para pembaca, Ucapnya, Kamis, 9/12/2021.

Moderasi beragama dengan menulis puisi juga dapat menyentuh jiwa seseorang dengan keindahan irama dan nadanya dan akan menyentuh hati pembaca. Seperti yang disampaikan oleh ibu Yuli Nugraha “inilah pengalaman syang akan didapat oleh seseorang saat membaca sebuah puisi. Menjadi perenungan, refleksi dan sentuhan. Bukan sebuah petunjukyang jelas seperti tulisan prosa atau jurnalistik yang terurai dalam rincian kata, tapi sentuhan lembut yang langsung menyerap dalam hati saat membacanya”. Tutur beliau. (Sirli Ulfia)

 726 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *