DAERAH  

Wisuda Santri Akhir Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Arqom Patean Kendal: Menjaga Nilai dan Semangat Belajar

Sambutan dan Pesan Mudir PesantrenMu Darul Arqom Patean Kendal

WARTAMU.ID, Kendal, 22 Juni 2024 – Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Arqom Patean, Kendal, menggelar Wisuda Santri Akhir KMI di Aula Pertemuan Darul Arqom pada hari Sabtu (22/06/2024 M/15 Dzulhijah 1445 H). Acara tersebut dihadiri oleh pimpinan pondok, para pengurus Lembaga Pengembangan Pesantren (LPP) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah, serta tamu undangan lainnya.

KH. Taufiq Hartono, Mudir Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Arqom Patean, menyampaikan pesan penting kepada para santri tentang pentingnya semangat belajar dan menjaga nilai-nilai santri. “Anak-anakku, kalian harus menjaga nilai mau belajar dimanapun berada, buka mindsetmu, isi mindsetmu dengan ilmu,” ujar KH. Taufiq Hartono. Beliau juga menekankan agar para santri menjaga nama baik pondok dan orang tua. “Jaga santrimu!, jaga nama pondokmu!, dan jaga orang tuamu,” lanjutnya.

Mudir pondok menyatakan kesan positif terhadap santri akhir yang dinilainya luar biasa. “Kesan saya sangat baik, anak-anak ini luar biasa dan saya ingin mendengarkan keberhasilan kalian di masyarakat nanti,” ungkap KH. Taufiq Hartono.

Ketua LPP PWM Jawa Tengah, KH. M. Irzal Fadholi, dalam sambutannya memberikan beasiswa kuliah di Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKABA) kepada empat santri berprestasi. “Saya kasih tadi 4 orang santri yakni 2 santriwan dan 2 santriwati untuk mendapatkan beasiswa S1 kuliah di UMKABA,” ujar KH. M. Irzal Fadholi.

Dalam kesempatan tersebut, KH. M. Irzal Fadholi menyampaikan lima nilai penting yang harus dimiliki oleh alumni pesantren Muhammadiyah:

  1. Nilai Keikhlasan: Santri harus memiliki jiwa ikhlas dalam menjalankan dakwah, baik dengan imbalan maupun tanpa imbalan.
  2. Nilai Kesederhanaan: Santri harus berjiwa sederhana dalam menjalankan segala kegiatan di masyarakat.
  3. Nilai Ukhuwah: Santri harus mampu menjadi perekat umat.
  4. Nilai Jiwa Berpikir Bebas dan Luas: Santri harus memiliki visi jauh ke depan dalam merencanakan tindakan mereka.
  5. Nilai Kemanfaatan: Santri harus menjadi individu yang bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat.

KH. M. Irzal Fadholi menegaskan bahwa kelima nilai tersebut merupakan bekal utama bagi alumni Pesantren Muhammadiyah dalam membentuk karakter unggul dan berkemajuan. Dalam suasana penuh keakraban, KH. Irzal berkelakar dengan KH. Taufiq Hartono, menekankan pentingnya alumni pesantren menginternalisasi nilai-nilai dan ruh pesantren.

Rombongan LPP PWM Jawa Tengah yang dihadiri oleh Ketua KH. M. Irzal Fadholi, Sekretaris Ustadz M. Asimul Irfi, dan anggota Ustadz Yuniar Rahman disambut langsung oleh para pimpinan pondok dan mudir Darul Arqom Patean. Acara wisuda ini juga dihadiri oleh pengurus LPP PWM Jawa Tengah, PDM Kendal, PCM dan PCA Patean, Camat Patean, Kapolsek Patean, serta seluruh wali santri kelas akhir.

Acara ini merupakan puncak dari seluruh kegiatan santri akhir, menandai selesainya masa pendidikan mereka di pesantren dan kesiapan mereka untuk terjun ke masyarakat sebagai individu yang berilmu dan berakhlak.