DAERAH  

Baitul Arqam Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah Bantul Metro Selatan: Membangun Silaturahmi dan Sinergi

Kegiatan Baitul Arqam selama tiga hari ini dikelola oleh Majelis Pembinaan Kaderisasi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (MPKSDI) PDM Kota Metro

WARTAMU.ID, Kalianda – Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) dan Aisyiyah (PCA) Bantul Metro Selatan menyelenggarakan acara Baitul Arqam untuk para pimpinan ranting, unsur pembantu pimpinan, dan Ortom se-Cabang Bantul Metro Selatan. Acara tersebut berlangsung di SD Aisyiyah Kalianda, Lampung Selatan, mulai Jumat, 21 Juni hingga Minggu, 23 Juni 2024.

Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Wakil Sekretaris PDM Kota Metro, Ustadz Abdurrahim Hamdi, M.A., Ketua PDM Lampung Selatan, Ustadz Sutino Sasmito, Kepala SD Aisyiyah Kalianda, serta para peserta dari PCM dan PCA Bantul Metro Selatan, PRM/PRA, dan UPP.

Dalam sambutannya, Ketua PCM Bantul Metro Selatan, H. Mushonif, menyampaikan bahwa Baitul Arqam ini adalah upaya membangun silaturahmi dan sinergi dengan tuan rumah, yang diharapkan dapat mempererat kekeluargaan dan semangat dalam melakukan perkaderan. “Baitul Arqam perkaderan Muhammadiyah yang dilaksanakan di luar Metro merupakan upaya membangun silaturahmi dan sinergi dengan tuan rumah, sehingga terjalin kekeluargaan yang semakin erat dan semakin semangat dalam melakukan perkaderan,” tuturnya.

Ustadz Abdurrahman Hamdi, M.A., Wakil Sekretaris PDM Kota Metro, menambahkan bahwa Baitul Arqam merupakan perkaderan formal yang dilaksanakan oleh Muhammadiyah sebagai persiapan kader penerus organisasi. “Baitul Arqam yang dilaksanakan di luar Metro dalam memperkuat silaturahmi dan menggembirakan peserta dalam proses pengkaderan,” terangnya.

Ketua PDM Kalianda, Ustadz Sutino Sasmito, mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan berharap kegiatan ini dapat menjadi penyemangat bagi Muhammadiyah Kalianda dalam melaksanakan Baitul Arqam. “Kegiatan ini semoga menjadi penyemangat bagi kami, Muhammadiyah Kalianda dalam melaksanakan Baitul Arqam,” harapnya.

Kegiatan Baitul Arqam selama tiga hari ini dikelola oleh Majelis Pembinaan Kaderisasi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (MPKSDI) PDM Kota Metro, dengan Joni Wuryanto sebagai master of training yang didampingi oleh beberapa instruktur berpengalaman.

Para peserta akan menerima materi dari lima narasumber yang kompeten. Drs. Muhisban akan menyampaikan materi tentang Revitalisasi Cabang dan Ranting Muhammadiyah, Drs. H. Sutino Sasmito tentang Tuntunan Ibadah Sesuai Tarjih, Ustadz Abdurrahim Hamdi, M.A. tentang Hakikat Islam: Peran Tauhid dalam Kehidupan, H. Mushonif Socheh, S.Ip. tentang Gerakan Jamaah Dakwah Jamaah, serta Samsul Hadi, M.Pd. dan Agus Pujianto, M.Pd. yang akan menyampaikan materi tentang Profil Kader & Nilai Perjuangan Tokoh Muhammadiyah dan Hirarki dan Tata Aturan dalam Muhammadiyah.

Baitul Arqam ini diikuti oleh 25 peserta dari Muhammadiyah dan jumlah yang hampir sama dari Aisyiyah, yang diadakan bersamaan tetapi di lokasi terpisah