Fakultas Agama Islam UNMUHA dan FTIK IAIN Langsa Tanda Tangani Kesepakatan

  • Bagikan
Fakultas Agama Islam UNMUHA dan FTIK IAIN Langsa Tanda Tangani Kesepakatan

WARTAMU.ID – Banda Aceh, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan  (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa menandatangani Nota Kesepakatan (MoA), Tentang meningkatkan mutu Pendidikan perguruan Tinggi serta Penelitian. Sebelumnya MoU sudah dilakukan (18/9). Penandatangan di Kampus UNMUHA Jalan Muhammadiyah, Ruang rapat lantai II Biro Rektor. Kamis (23/9).

Penandatanganan di dua Fakultas itu dihadiri oleh Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Aceh Dr. H. Fadhlullah, SH., M.S, Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh Dr. Saiful, S. Ag., M. Ag, Kepala KUI dan Kerjasama Dr. Febyolla Presilawati, SE. MM, Wakil Dekan I FAI Dr. Rosnidarwati MA, Wakil Dekan II FAI Irvanusir, S. Ag, SE., M.I. Com, Humas Mimi Asri, SE. MM dan Kaprodi.

Fakultas Agama Islam UNMUHA dan FTIK IAIN Langsa Tanda Tangani Kesepakatan

Sedangkan dari  Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Dekan FTIK IAIN Langsa Dr. Zainal Abidin, MA, Wakil Dekan  III FTIK Mahyiddin, FTIK IAIN Langsa Mahlil, M. Si. Dan rombongan.

Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Aceh Dr. H. Fadhlullah, SH., M.S, mengatakan “ pengembangan ilmu pengetahuan pada era sekarang tidaklah mungkin berdiri sendiri, seluruhnya harus di kerjakan bersama sama dalam Sistem Merdeka Belajar Kampus Merdeka  (MBKM), tertuang dalam  Peraturan Menteri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. ”

Fadhlullah juga mengatakan “ mau tidak mau universitas harus berfikiran kreatif membuka Fakultas yang tidak di miliki oleh Universitas lainnya atau langka, tapi harus siap dengan resikonya juga bila tidak ada mahasiswanya.”

Pada tahun 2020 Universitas Muhammadiyah Aceh mendapat gelar PTS terbaik di Provinsi Aceh hingga saat ini bersaing dengan 100 PTS yang ada. Untuk tahun ini kita akan meningkatkan status D3 menjadi D4 yang selevel dengan S1.

Harapannya denga terjalin kerja sama ini nantinya Ilmu serta pengalaman yang di dapat akan lebih luas lagi serta daya kreativitas semakin tinggi, dengan system daring kita dapat beraktivitas di mana saja.  Kata Fadhlullah.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan  (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Dr. Zainal Abidin, MA mengatakan “ kita akan melihat celah apa yang dapat kita realisasikan di MoA ini didalam kegiatan akademik, saat ini jumlah mahasiswa yang ada di Fakultas Tarbiyah dan ilmu Keguruan (FTIK) 1.809 orang, memiliki Dosen Tetap 64 Orang, 20 Strata S3, 44 Strata S2. Memiliki Tujuh Jurnal tiga sudah terakreditasi, sinta empat.”

FTIK memilki sarana dan prasarana standar umum dalam aspek tertentu belum lengkap, semua program studi memiliki Laboratorium, perpustakaan standar, Dosen yang dimiliki mempunya latar belakang pendidikan yang berbeda baik dari eropa dan timur tengah sangat memungkinkan untuk membagi keilmuan dengan Dosen di UNMUHA terkait dengan pengembangan ilmu pengetahuan.

Terkait dengan muatan kerja  sama ini pengelolaan Perguruan tinggi tidak mungkin di kelola sendiri lagi harus kolaboratif dengan tuntutan MBKM. Maka dalam konteks penyelenggaraan pendidikan kami membuka realisasi kerjasama. Langsung ada Perjanjian Kerjasama (PKS) Misalnya dengan Ser Mata kuliah Dosen di UNMUHA mengajar secara Online di IAIN Langsa. Disesuaikan dengan Konteks kita dan konteks Eranya.

Dekan Fakultas Agama  Islam Universitas Muhammadiyah Aceh Dr. Saiful, S. Ag., M. Ag, mengatakan “ Fakultas Agama Islam memiliki Lima Prodi terdiri dari Program studi Bahasa Inggris, Program Studi Matematika, Program Studi Biologi, Program Studi Perbankan Syariah. Staf Pengajar atau Dosen Fakultas Agama Islam yang di miliki berjumlah 42 orang, 3 Lektor dan sebagian Asisten ahli, setengah dari jumlah Dosen sudah Sertivikasi Dosen Kopertais dan LLDikti.”

Pada awal tahun 2021, Kopertais mengeluarkan instruksi “kenaikan pangkat fungsional, serta sertivikasi Dosen di arahkan kepada LLDikti, dengan harapan Fakultas Agama Islam dapat melaksanakan kenaikan pangkat,  LLDikti memilki kuota yang lebih banyak”.

Program yang dilaksanakan terkait dengan MBKM yaitu Program Kampus Mengajar dengan Delapan Program yang tawarkan oleh Kemendikbud, Universitas Muhammadiyah Aceh mengirimkan 44 mahasiswa yang sudah dinyatakan lulus, dan UNMUHA sebagai PTS yang mengirimkan Mahasiswa terbanyak dalam program ini, Program Studi Independen, program pertukaran mahasiswa antar program studi, dengan harapat Kerja sama yang akan di lakukan ini menjadi program MBKM Lintas Perguruan Tinggi, serta meningkatkan kualitas pendidikan terkait dengan penelitian. Tutup  Saiful. (Agusnaidi B)

 801 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *