Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Unila Gelar Seminar 13 Tahun Mesuji Membangun

  • Bagikan
Ilmu Pemerintahan FISIP Unila

WARTAMU.ID, Lampung – Pada hari ini, Kamis tanggal 2 Desember 2021 bertempat di Gedung D.31 Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Unila telah berlangsung kegiatan Seminar Pembangunan Daerah Refleksi 13 Tahun Mesuji dengan tema “Menakar Geliat Pembangunan Daerah, Menuju Mesuji Yang Sejahtera, Aman, dan Berkeadilan”. Kegiatan ini terselenggara sebagai bentuk kolaborasi Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Unila bersama para alumni yang tergabung dalam IKA JIP FISIP Unila dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Mesuji.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Mesuji, Sekda Mesuji, Sejumlah Kepala OPD, Dosen-dosen FISIP Unila dan Pengurus HMJ dan Mahasiswa umum. Hadir para Narasumber dalam kegiatan tersebut Dr. Deddy Hermawan, M.Si, Dr. Feni Rosalia, M.Si dan Dr. Agus Muhammad S.I.P., M.H.

Dalam sambutan Bupati Mesuji Bapak H. Saply, TH menyampaikan bahwa Mesuji adalah “Bumi Ragab Begawe Caram” yang bermakna Mesuji memiliki keberagaman suku yang memiliki semangat bekerjakeras dan berjiwa bergotong royong. Spirit inilah yang menjiwai Pemerintah Daerah bersama masyarakat dalam membangun Mesuji hingga di usia Ke-13 tahun ini. Berbagai kemajuan telah diraih dibidang ekonomi, pertanian, pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur adalah hasil kerja keras Para pendiri Kabupaten Mesuji, Para Tokoh Masyarakat, Aparatur Pemerintah Daerah, serta seluruh masyarakat Mesuji. Ketua Jurusan Ilmu Pemerintahan Bapak Sigit Krisbintoro menambahkan bahwa Mesuji adalah salah satu Kabupaten dengan penduduk miskin terendah se-Provinsi Lampung, hal ini tentu sejalan dengan program Pemda berupa program rumah layak huni untuk lansia dan masyarakat tidak mampu, terlebih lagi terdapat program Panen Raya tiap tahunnya.

Ilmu Pemerintahan FISIP Unila

Dalam sesi seminar pembangunan daerah, Bapak Syamsudin selaku Sekretaris Bupati Kabupaten Mesuji menyampaikan optimalisasi pembangunan Kabupaten Mesuji telah difokuskan dan diprioritaskan pada sektor (1) Infrastruktur; (2) Indeks Pembangunan Manusia (IPM); (3) Pendidikan; (4) Kesehatan; (5) Sosial dan Ekonomi. Semoga di masa yang akan datang Kabupaten Mesuji dapat bersaing dan unggul bersama daerah lain di Provinsi Lampung. Lebih lanjut Dr. Feni Rosalia, M.Si meyakini bahwa Kabupaten Mesuji dapat lebih berkembangn pada sektor ekonomi dengan mengembangkan jiwa kepemimpinan Enterpreneurship untuk menggali Sumber Daya Daaerah melalui pembagunan ekonomi dan sosial. Senada dengan hal tersebut Dr. Deddy Hermawan, S.Sos. M.Si. memberikan tekanan pada aspek kebijakan publik yang berbasis masyarakat, dengan menghasilkan berbagai inovasi kebijakan serta trobosan-trobosan pembangunan yang partisipatif.

Di akhir seminar Dr. Agus Muhammad S.I.P., M.H selaku Ketua IKA JIP FISIP Unila memberikan dorongan agar Pemda Mesuji fokus pada oengembangan Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Mesuji agar dapat bersaing dengan daerah lainnya. Hal ini yang kemudian menjadi tugas pemerintah Mesuji untuk membenahinya dengan bertumpu pada pengelolaan konsep daya saing input, output, dan outcome. Diakhir acara, Ketua IKA JIP FISIP Unila mengajak para alumni JIP yang dikomandoi Bapak Najmul Fikri, S.IP., M.IP sebagai Korda IKA JIP FISIP Unila untuk Kabupaten Mesuji agar bekerja keras dan ambil bagian pada garis terdepan dalam menggeliatkan pembangunan di Kabupaten Mesuji di masa yang akan datang.

 830 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *