Lokasi Shalat Idul Fitri 1444 H di Lampung, Jum’at 21 April 2023

Ilustrasi muhammadiyah.or.id

WARTAMU.ID, Bandarlampung – Berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal, Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan Idul Fitri 1444 H atau 1 Syawal 1444 H yang jatuh pada hari Jumat Pahing 21 April 2023.

Menyambut hari besar tersebut, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Lampung menghimpun tempat pelaksanaan shalat Idulfitri tahun 1444 H. Lokasinya tersebar di seluruh daerah kabupaten/kota se-Lampung.

“Berikut kami sampaikan titik lokasi penyelenggaraan Salat Idulfitri Pimpinan Daerah Muhammadiyah di Provinsi Lampung, lengkap dengan nama imam dan khatib yang bertugas. Misal Ketua PWM Prof Sudarman Khatib di masjid Taqwa Pringsewu, Halaman Gedung Wanita Bandar Lampung Sekum MUI Lampung Mansyur Hidayat, Prof Marzuki Noor di Lapangan Kampus Iringmulyo Metro, kemudian di komplek Labuhan Ratu Bandar Lampung Wakil Sekretaris Ustaz Rohmat Santosa.” kata Ma’ruf Abidin, Sekretaris PWM Lampung.

Pada pelaksanaanya, Ma’ruf juga menghimbau warga Muhammadiyah agar tetap menjaga kondusifitas, keamanan dan silaturahmi. Terkait dengan kemungkinan perbedaan jatuhnya Idulfitri tahun ini, pihaknya berharap hal tersebut harus disikapi dengan arif dan bijaksana

“Muhammadiyah memandang hal yang biasa, tidak usah dibesar-besarkan. Perbedaan adalah sunnatullah,” lanjutnya.

Pihaknya menjelaskan bahwa Muhammadiyah menggunakan metode hisab hakiki wujudul hilal. Sementara pemerintah menggunakan metode rukyat, dengan ketentuan ketinggian bulan minimal 3 derajat dan elongasinya 6,4.

“Sementara besok itu posisi bulan belum sampai 2 derajat, maka jelas akan terjadi perbedaan. Bagi Muhammadiyah, meskipun belum dua derajat itu sudah dianggap masuk bulan baru (Syawal),” jelasnya.

Download Lokasi Shalat Idul Fitri 1444 H Muhammadiyah Lampung

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *