RAGAM  

Pemakain Seragam dan Ucap Janji Mahasiswa Fakultas Kesehatan UMPRI Tahun 2022

Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pringsewu

WARTAMU.ID, Pringsewu (Lampung) – Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pringsewu mengadakan kegiatan peresmian seragam “Camping Day” dan Ucap Janji mahasiswa program studi D3 Keperawatan dan D3 Kebidanan. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 27 Sya’ban 1443 H bertepatan tanggal 30 Maret 2022 diikuti sebanyak 65 mahasiswa di Graha Ahmad Dahlan. Kegitan ini merupakan satu proses yang harus dilewati oleh para mahasiswa yang ada di program studi D3 Keperawatan dan Kebidanan. Hal ini dilakukan sebagai upaya penguatan dan pembinaan pada calon perawat dan bidan.

Caping Day merupakan kegiatan tahunan di adakan di fakultas kesehatan dimana di dalamnya ada ucap janji mahasiswa sebagai calon perawat dan bidan. Kegiatan caping day tahun ini tidak sepertai 3 tahun yang lalu, semejak pademik kita membatasi kehadiran wali mahasiswa. Kegiatan ini tetap menggunkan protokol kesehatan. Namun tidak akan menghilangkan subtansi dari capin day itu sendiri. Ucap Elmi Nuryati, M.Epid (Dekan Fakultas Kesehatan).

Hadir dalam kegiatan ini juga Rektor dan Wakil Rektor UMPRI, Badan Pembina Harian (BPH) UMPRI, Ketua DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ketua Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Pringsewu, Dinas Kesehatan Pringsewu, Staf dan Dosen Karyawan Fakultas Kesehatan UMPRI. Saya ucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa yang mengikuti caping day dan melaksanakan ucap janji hari ini, semoga jadi perawat dan bidan yang unggul dan Islami. Pungkasnya.

Ns. Sobirin, S.Kep ketua DPD PPNI menyampaikan bahwa caping day adalah awal dari sebuah pelayanan dan juga di nyatakan siap terjun di dunia kesehatan dalam rangka megabdi kepada masyarakat dengan profesional. Bahwa, kedepan ada tiga hal yang harus dikuasi oleh mahasiswa keperawatan yaitu knowledge, skill dan attitude dalam melaksanakan tugas sebagai seorang perawat. Dan pesan saya, kepada seluruh calon perawat untuk memahami prinsip etik sebagai seorang perawat yaitu otonomi, berbuat baik, keadilan, tidak merugikan, kejujuran, menepati janji, kerahasian dan akuntabitas. Teakhir saya ucapkan selamat kepada adik-adik mahasiswa D3 keperawatan, jalankan kuliah dengan baik-baik selesaikan sampai semester akhir.

Sementar itu, IBI Kabupaten Pringsewu Ibu Nuryatun, S.ST, dalam sambutannya menyampaikan. Dengan caping day dan ucap janji bidan maka diharapkan mahasiswa dapat melaksanakan pelayanan kebidanan, memahami dan menyadari akan hakikat tanggung jawab sebagai seorang bidan sesuai dengan ucap janji yang telah di ucapkan. Sebagai seorang bidan memiliki tugas pokok dan fungsi sebagai pelayan kesehatan terutama kesehatan ibu dan anak. Maka bagi seorang bidan bukan saja ilmu pengetahuan yang harus dikuasai, tapi juga harus menguasai ilmu komunikasi dan tata krama dengan baik dalam menghadapi pasien nantinya. Selamat atas pemakaian seragam hari ini, jadi mahasiswa yang baik selesai sampai semester 6 dan pegang teguh ucap janji yang telah disampaikan tadi.

Drs. Wanawir, AM. MM. M.Pd. Rektor UMPRI dalam sambutannya menyampaikan pemakaian seragam merupakan langkah awal dari proses pejalanan panjang dalam menyatakan dan menikmati kenyataan bahwa mahasiswa sekalian merupakan calon perawat dan bidan. Ini adalah suatu kegiatan yang sakral bagi mahasiswa D3 Keperawata dan D3 Kebidanan, maka kegitan ini menjadi penting untuk dijalani. Ucap janji, yang tadi di ucapkan merupakan sumpah yang menggambarkan kesiapan mahasiswa sekilan, baik secara moral maupun mental untuk mempertanggung jawabkan atas segala kegiatan yang dilakukan selama menjalankan tugas sebagai seorang perawat dan bidan. Pegang teguh prinsip dan kode etik sebagai perawat serta bidan maka akan menjadi perawat dan bidan yang unggul dan berkemajuan.

Di kesempatan ini juga saya sebagai rektor UMPRI menyampaikan, bahwa dipundak anda semua ada tanggung jawab sebagai perawat dan bidan Muhammadiyah. Maka anda semua merupakan da’i-da’i Muhamamdiyah dalam bidang kesehatan, oleh karenanya pesan keIslaman, kemaslahatan dan keumatan harus di utamakan dalam melakukan tindakan dan pelayanan kesehatan. Jadilah bidan dan perawat Muhammadiyah dimanapun anda berada, pungkasnya. *