Program Studi Kesehatan Masyarakat UMMAH Aceh Raih Akreditasi Baik Sekali dari LAM-PTKes

Ketua PPNI Kabupaten Bireuen, Ns. Mirzal Tawi, M.K.M.

WARTAMU.ID, BIREUEN – Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Mahakarya (UMMAH) Aceh berhasil meraih akreditasi Baik Sekali dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). Keputusan akreditasi tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Nomor 0349/LAM-PTKes/Akr/sar/V/2024 dengan status terakreditasi Baik Sekali pada tanggal 30 Mei 2024 dan diterima oleh FIKES UMMAH pada tanggal 10 Juni 2024.

Ucapan selamat dan apresiasi berdatangan dari berbagai pihak, baik dari lembaga pemerintahan, pendidikan, maupun elemen masyarakat. Salah satunya datang dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Bireuen.

Ketua PPNI Kabupaten Bireuen, Ns. Mirzal Tawi, M.K.M., menyampaikan apresiasi dan ucapan tahniah kepada Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat (S1 – Kesmas) FiKes UMMAH pada 9 Juli 2024.

“Alhamdulillah, saya atas nama pribadi dan juga Keluarga Besar Persatuan Perawat Nasional Indonesia Kabupaten Bireuen menyampaikan apresiasi, rasa bahagia dan bangga serta kami ucapkan Selamat dan Sukses kepada S1 – Kesmas FiKes UMMAH, atas kerja sama dan kerja keras civitas akademikanya sehingga meraih akreditasi Baik Sekali dari LAM-PTKes. Kami PPNI Bireuen siap bersinergi, berkolaborasi, dan menjalin kerja sama apabila dibutuhkan,” ungkap Mirzal Tawi, atau kerap disapa Syeh Tawi.

Syeh Tawi juga mengungkapkan harapannya agar dengan capaian tersebut, S1-Kesmas dapat terus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi. Menurutnya, mutu Program Studi merupakan cerminan dari totalitas keadaan dan karakteristik masukan, proses, keluaran, hasil, dan dampak, atau layanan atau kinerja Program Studi yang diukur berdasarkan sejumlah standar yang ditetapkan.

“Dengan semangat akreditasi ini, semoga mendorong pengelola prodi agar semakin terpacu untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan bahkan tri dharma pendidikan tinggi agar terwujud visi dan misi S1 Kesmas yang unggul dan berdaya saing nasional pada masa yang akan datang,” lanjut Syeh Tawi.

Selain itu, pencapaian akreditasi ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi S1-Kesmas. Syeh Tawi menambahkan, “Semoga ke depannya prodi S1-Kesmas banyak diminati oleh mahasiswa baru yang akan melanjutkan pendidikannya.”

Dengan raihan akreditasi Baik Sekali ini, Program Studi Kesehatan Masyarakat UMMAH Aceh telah menunjukkan komitmennya dalam memberikan pendidikan berkualitas dan berstandar tinggi. Keberhasilan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh civitas akademika UMMAH Aceh untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan di masa yang akan datang.