SKPP Tingkat Dasar Bawaslu, Maksimalkan Peran Elemen Masyarakat Dalam Pengawasan

Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)

WARTAMU.ID, Way Kanan (Lampung) – Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) merupakan program yang berujuan dalam mengembangkan pengawasan partisipatif baik dalam Pemilu maupun Pemilihan.

Menjadi titik terakhir pelaksanaan SKPP Bawaslu RI di Provinsi Lampung (Lampung Barat dan Way Kanan) menjadi peserta dalam kegiatan ini. Baradatu, 12/10/2021.

Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)

Kegiatan yang berlangsung sejak 11 Oktober ini akan berakhir pada 23 Oktober 2021. Menjadi peserta adalah 45 orang perwakilan dari pemuda-pemudi Lampung Barat dan 45 orang perwakilan Way Kanan.

Pada acara pembukaan, Anggota Bawaslu RI (Rahmat Bagja) menyampaikan pentingnya peran masyarakat dalam proses pengawasan Pemilu ini”.

“Dengan keterbatasan yang dimiliki oleh lembaga Bawaslu, maka bantuan dari elemen masyarakat sangat dibutuhkan demi tegaknya keadailan Pemilu, terlebih saya meilhat usia dari para peserta ini muda-muda yang artinya harapan-harapan menegakkan keadilan Pemilu itu semakin kuat”. Jelas Rahmat Bagja dalam sambutannya.

Diharapkan dengan program ini lebih membumikan semangat pengawasan dalam Pemilu maupun Pemilihan tambah Rahmat Bagja.

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Way Kanan (Raden Adipati Surya) yang juga memberikan ucapan selamat datang pada peserta dari Lampung Barat dan Way Kanan serta Pimpinan Bawaslu RI, Anggota Bawaslu Provinsi Lampung (Iskardo P Panggar, Herman, dan Teguh), Ketua KPU Provinsi Lampung (Erwan Bustami), Wakapolres, Ketua DPRD, dan KPU Way Kanan.

Sementara itu, Andrean salah seorang peserta dari Kabupaten Way Kanan mengucapkan terimakasih kepada Bawaslu yang telah memberikan kesempatan untuk mengikuti pelatiklhan SKPP ini.

Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)

“Mewakili rekan-rekan peserta lainnya kami mengucapkan terimakasih pada Bawaslu karena proses yang telah dilewati untuk sampai pada hari ini sangat panjanh, mulai dari pendaftaran dibukan Mei, seleksi berkas, tes soal sampai vaksin. Mudah-mudahan program ini terus berkesinambungan dan bagi kami para Alumni nantinya dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat pada masyarakat”. Jelas Andrean.

Terdapat pemateri-pemateri yang berkompeten dalam pelatihan ini baik dari internal maupun eksternal Bawaslu dan nantinya 4 peserta terbaik dari SKPP dasar ini akan mengikuti SKPP tingkat menengah di Provinsi Lampung dan nantinya akan ada seleksi kembali untuk SKPP pusat. Sementara ruang pembelajaran sendiri terbagi kedalam 2 tempat agar mematuhi protokol kesehatan sesuai edaran dari Satgas Covid-19 Kabupaten Way Kanan.

Laporan : SDS

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *