DAERAH  

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Endro Suswantoro Menyampaikan Bahwa Tugas Pemimpin Adalah Melayani Rakyat

Anggota DPR RI ( Endro Suswantoro Yahman) sAAT sOSIALISASI 4 Pilar Kebangsaan Di Pringsewu Lampung

WARTAMU.ID, Pringsewu (Lampung) – Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan merupakan program pemerintah dalam hal ini MPR RI dalam rangka  memberikan pembelajaran lebih mengenai Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, guna meningkatkan kesadaran kita tentang kehidupan berbangsa dan bernegara bersama masyarakat. Endro Suswantoro Yahman yang merupakan anggota DPR/MPR RI (2019-2024) dari Fraksi PDIP asal Dapil Lampung 1 ini, melaksanakan kegiatan tersebut pada malam hari dikediaman Agus Irwanto yang berada di Kelurahan Pringsewu Barat. Pringsewu, Kamis, 4/5/2023.

Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan tersebut  dimulai sekitar pukul 19:30 Wib berlangsung meriah yang diikuti lebih dari 250 orang peserta yang hadir dan berakhir mendekati tengah malam. Dalam nuansa bulan syawal 1444 H kegiatan ini dibuat sekaligus ajang silaturahim Endro Suswantoro Yahman dengan masyarakat Pringsewu.

”Hikmah dari puasa salah satunya adalah menghayati, menjalani serta merasakan suasana kebathinan sebagai orang yang tidak berpunya dengan merasakan lapar dan kekurangan. Suasana kebathinan yang dirasakan ini merupakan penguat spirit perjuangan kita untuk membantu sesama kita yang masih belum diuntungkan oleh sistem politik yang ada dengan cara gotong royong. Gotong royong adalah inti dari Pancasila. Mari bersama kita perkuat pelaksanakan Pancasila dalam praktek kehidupan sehari-hari”. Ujar  Endro Suswantoro Yahman, yang juga putra kelahiran Pringsewu Lampung ini.

Pancasila adalah produk sejarah yang sangat Monumental bagi Bangsa Indonesia karena digali dari budaya bangsa dan menjadi “Soko Guru” rumah kebangsaan bernama Indonesia. Pancasila  menjadi acuan dalam UUD tahun 1945, menjamin Kebhinekaan dan sebagai perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Inilah acuan dan sekaligus rambu-rambu dalam kehidupan bermasyarakat, dan juga acuan pemerintah dalam menjalankan program pemerintahan. Tambah Endro.

4 Pilar Kebangsaan MPR RI  merupakan alat untuk mensejahterakan rakyat. Sistem politik Elektoral (Pemimpin dipilih langsung berdasarkan suara terbanyak)  menambah energi/kekuatan rakyat untuk ikut mengontrol, mengoreksi pemimpinnya. Karena sistem politik demokrasi yang dijalankan saat ini mulai dari kepala Daerah, Presiden serta wakil rakyat dipilih secara langsung oleh rakyat. Tugas pemimpin tersebut menjalankan pemerintahannya untuk kesejahteraan rakyat.

”Rakyat memebrikan mandatnya kepada wakil-wakilnya melalui proses Pemilu setiap 5 tahun sekali. Harapan rakyat mereka yang dipilih dapat menjalankan aspirasi dari rakyatnya untuk menjalankan roda pemerintahan ini agar rakyat semakin sejahtera”. Ucap Endro Suswantoro Yahman yang juga Ketua Dpc PDIP Pesawaran ini.

 

Hadir dalam acara ini Rohimudin  dari unsur kelurahan Pringsewu Barat, Murtado kepala lingkungan, seluruh pengurus lingkungan Pringsewu Barat, tokoh agama Ahmad Yani, kelompok ibu-ibu, Ali Rohman tokoh pemuda dan beberapa tokoh masyarakat. Acara sosialisasi  juga diisi  oleh 2 materi dari tenaga ahli DPR RI, Agus Irwanto dan Nopi Juansyah. Selesai pemaparan materi acara  dilanjutkan dengan sesi dialog dan serap aspirasi.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *