RAGAM  

SPIRITUAL LEADERSHIP

Oleh : Dedi Iskandar, S.H., M.H.

(Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Way Kanan)

WARTAMU.ID, Way Kanan – Kepemimpinan spiritual atau spiritual leadership kepemimpinan yang mengedepankan moralitas, kepekaan (sensitivitas), keseimbangan jiwa, kekayaan bathin, dan etika dalam berinteraksi dengan orang lain.

Delapan puluh lima Kepala Kampung terpilih hasil pilkam serentak way kanan tanggal 27 Mei 2021 dilantik hari ini kamis 17 Juni 2021 secara bertahap di awali kecamatan Blambangan Umpu, Umpu Semenguk dan Pakuan Ratu. ini merupakan tahapan akhir proses demokrasi di Kampung yang penuh dengan dinamika.

Raut sukacita tergambar jelas diwajah keluarga dan para “pendukung”, Tapi euforia ini tidak bisa berlarut-larut karena pekerjaan rumah di Kampung harus segera diselesaikan.

Seorang kepala Kampung merupakan pemimpin yang diberikan amanah oleh masyarakat dengan proses demokrasi yang kita anut, dipilih secara langsung. Seseorang yang diamanahi tanggung jawab untuk menakhodai “armada” Kampung menuju kesejahteraan masyarakat.

Pergantian pucuk pimpinan dalam sebuah organisasi termasuk pemerintahan merupakan hal biasa, namun menjadi menarik ketika ekspektasi tinggi disematkan kepada pemimpin yang baru ditambah dengan komparasi yang berlebihan dengan pimpinan sebelumnya, sehingga dalam beberapa kondisi memunculkan fenomena baru di dalam tubuh organisasi.

Dalam memimpin Kampung diperlukan pendekatan spiritual yang tinggi, tentu ada banyak teori dan konsep serta metode kepemimpinan yang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun pendekatan yang perlu dikuatkan untuk memajukan kampung adalah pendekatan spiritual

Pendekatan spiritual ini memiliki “daya dorong” berdimensi vertikal yang berimplikasi pada pelaksanaan pemerintahan di Kampung yang baik dan demokratis.

Dalam mengelola kepemimpinan ,khususnya di kampung, seorang kepala kampung harus memiliki sifat-sifat Spiritual leadership artinya ia memimpin dengan pondasi spiritual yang kokoh sehingga bisa menjadi arif dan adil dalam mengelola kampung yang dipimpinnya.

Selamat menjalankan amanah masyarakat untuk Kampung berkemajuan.

Fastabiqul Khairat

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *