DAERAH  

Universitas Muhammadiyah Lampung Melepas Peserta Pengabdian Kepada Masyarakat

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) melakukan pelepasan para peserta pengabdian kepada masyarakat yang tersebar dibeberapa Kabupaten di Provinsi Lampung d

WARTAMU.ID, Bandar Lampung – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) melakukan pelepasan para peserta pengabdian kepada masyarakat yang tersebar dibeberapa Kabupaten di Provinsi Lampung di Auditorium KH A Dahlan Lt.3 UML Jl. ZA Pagar Alam No 14 Labuhan Ratu Bandar Lampung pada Sabtu, (22/07/2023).

Kewajiban perguruan tinggi berdasarkan Undang-Undang No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pendidikan tinggi mempunyai fungsi sebagaimana disebutkan dalam ketentuan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, yaitu: Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) melakukan pelepasan para peserta pengabdian kepada masyarakat yang tersebar dibeberapa Kabupaten di Provinsi Lampung d

Berdasarkan hal tersebut salah satu upaya yang harus dilakukan untuk melaksanakan peran perguruan tinggi adalah tridharma. Tridharma adalah kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Penelitian adalah kegiatan yang dilakukan menurut kaidah dan metode ilmiah secara sistematis untuk memperoleh informasi, data, dan keterangan yang berkaitan dengan pemahaman dan/atau pengujian suatu cabang ilmu pengetahuan dan teknologi. Pengabdian kepada Masyarakat adalah kegiatan sivitas akademika yang memanfaatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

UML tahun ini memiliki 3 skema KKN yaitu, Reguler, MAs, dan KKN Internasional. KKN regular adalah KKN yang di laksanakan di 2 Kabupaten yakni Pesawaran dan Tanggamus. KKN MAs merupakan kegiatan yang dilaksanakan berdasarkan hasil konsorsium Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) secara Nasional yang di tempatkan di provinsi Bengkulu. Sedangkan KKN Internasional adalah pelaksanaan KKN yang sudah bekerjasama dengan pihak luar negeri, pelaksanaannya pada tahun ini di Malaysia.

Menurut kepala LPPM UML Mediyansyah, M.Pd. dalam sambutannya mengatakan bahwa Program KKN telah menjadi bagian aktivitas pendidikan sekaligus pengabdian kepada masyarakat, yang dalam pelaksanaannya akan mengalami kemajuan, Mengingat pentingnya aktivitas ini maka ini menjadi bagian dari laboratorium pembelajaran kehidupan di tengah-tengah masyarakat sekaligus sebagai salah satu UML dalam membantu memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.” Katanya.

Sesuai pasal 4 Undang-undang No 12 tersebut pada pasal 4 mengatakan Pendidikan Tinggi berfungsi: a. mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa; b. mengembangkan Sivitas Akademika yang inovatif, responsif, kreatif, terampil, berdaya saing, dan kooperatif melalui pelaksanaan Tridharma; dan c. mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai Humaniora.

Sementara itu menurut Rektor UML Dr. Mardiana, M.Pd. mengatakan bahwa tujuan dari pelaksanaan KKN adalah Meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa, Menerapkan IPTEKS secara team work dan interdispliner, Menanamkan nilai kepribadian: a) Keuletan, etos kerja dan tangung jawab; b) Kemandirian, kepemimpinan dan kewirausahaan, Menanamkan jiwa peneliti sejak dini: a) Eksploratif dan analisik, b) Mendorong learning community dan learning society, Kontribusi nasional melalui aktivitas yang bisa memecahkan permasalahan di tengah masyarakat, Sebagai sarana tidak langsung dalam promosi dan branding institusi”. Ungkapnya.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) melakukan pelepasan para peserta pengabdian kepada masyarakat yang tersebar dibeberapa Kabupaten di Provinsi Lampung d

Beliau juga berharap agar setiap mahasiswa UML harus mampu melakukan analisis terhadap suatu kondisi diamanapun dan mampu menemukan solusi dari setiap kondisi yang dihadapi. Banyak persoalan masyarakat yang belum terselesaikan dari urusan yang bersifat asasi (pokok) sampai urusan yang lain. Hal tersebut mungkin saja bukan karena kurang peduli dari orang sekitar namun, untuk dapat memberikan solusi perlu Analisa, pendekatan dan strategi komunikasi yang tepat. Sebab niat baik kalua tidak didukung dengan kemmapuan dan strategi yang baik maka kebaikan kita bisa diangap aneh dan berakibat kurang diterima di masyarakat. Maka UML melalui layanan pengabdian ini akan membantu mengembangkan potensi dan pemberdayaan terhadap masyarakat serta mampu membantu meningkatkan kesejahteraan, harapnya.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *