Webinar Kominfo RI : Tetap Produktif Ditengah Pandemi

  • Bagikan
Webinar Kominfo RI : Tetap Produktif Ditengah Pandemi

WARTAMU.ID – Menghadirkan beberapa narasumber, Kominfo Ri mengadakan Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital di Kabupaten Lampung Utara. Jumat 13/8/2021.

Kegiatan tersebut mengusung tema : Kreatif dan Produktif dari rumah dimasa pandemic.
Setidaknya ada 5 Narasumber yang dihadirkan diantaranya : Muhaimin (CEO Nextup ID), Inna Divonita (CEO Saesha Cantika Indonesia), Sigit Dwi Suwardi (Sekertaris Redaktur Media Wartamu.id dan Sekum PDPM Way Kanan), Jefri Ramadani (Milenial Influencer dan Founder ILC English Course), serta Qonitah Azzahra sebagai Key Opinion Leader.

Acara Webinar Kominfo RI tersebut, dimulai pukul 14:00 Wib sampai dengan 17:00 Wib memiliki garis merah pembahasan bahwa ditengah keterbatasan saat Pandemi Covid-19 kita harus tetap produktif dalam menjalani kehidupan karena Pandemi ini terjadi diseluruh dunia dan merubah aspek-aspek kehidupan.

Webinar Kominfo RI : Tetap Produktif Ditengah Pandemi

Tercatat diawal tahun 2021 pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta jiwa sementara penduduk Indonesia sekitar 274,9 juta jiwa yang artinya pengguna internet mencapai 73,7%. Terjadi peningkatan aktivitas masyarakat didunia maya yang tentunya harus diarahkan kepada hal-hal yang baik sebagaimana dijelaskan salah seorang Narasumber Sigit Dwi Suwardi.
‘’Lebih dari setengah masyarakat kita mengakses internet, yang artinya kehidupan dunia maya adalah dunia kedua setelah dunia nyata masyarakat. Oleh sebab itu, Pemerintah hadir melalui Kominfo dan peraturan-peraturan yang berkaitan dengan Dunia maya missal UU ITE (UU No 19 tahun 2016) jadi kita harus selalu selaras dengan kebaikan. Masing-masing kita memiliki politik identitas yang diketahui orang lain’’. Jelas Sigit.

Terjadi peningkatan juga terkait usaha dibidang jasa jal beli online karena terjadi pembatasan bagi masyarakat sebagaimana dijelaskan Muhaimin sebagai salah satu narsum.
‘’Ada hal-hal/bisnis yang sangat menguntungkan saat pandemi seperti shopee, tokopedia dll, dari dunia maya kita dapat memesan makan/minum maupun barang lainnya sehingga kita harus kreatif untuk dapat meraih untung’’. Jelas Muhaimin.

Webinar Kominfo RI : Tetap Produktif Ditengah Pandemi

Namun kita harus berhati-hati saat menggunakan media social maupun internet lainnya karena ada tindak kejahatan didunia maya tersebut sebagaimana dijelaskan Inna salah satu narasumber.
‘’Kita harus berhati-hati dengan penipuan dunia maya, missal scam yang paling umum, ada seseorang menelpon kita menginformasikan bahwa kita mendapatkan hadiah namun kita harus mengirimkan beberapa digit nomor yang masuk via sms ke HP kita, setelah dapat maka mereka akan leluasa mengakses data pribadi kita yang ada didalam HP, Oleh karenanya kita harus berhati-hati’’. Jelas Inna

Acara yang diikuti oleh ratusan peserta tersebut berjalan lancer tanpa kendala yang berarti.

Laporan : SDS

 371 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.