DAERAH  

Rumah Baca Berlian Kunjungi Dinas Pemuda dan Olahraga

Pengelola Perpustakaan Umum Rumah Baca Berlian Pekon Kanoman

WARTAMU.ID, Tanggamus (Lampung) – Advokasi Kemitraan Program Pemberdayaan Pemuda Pemula Perpustakaan Rumah Baca Berlian Pekon Kanoman dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanggamus, Jum’at, 17/12/2021.

Advokasi merupakan upaya yang strategis dan terencana untuk mendapatkan komitmen dan dukungan dari berbagai pihak (stakeholder). Advokasi akan lebih efektif bila dilaksanakan dengan prinsip kemitraan.

Pengelola Perpustakaan Umum Rumah Baca Berlian Pekon Kanoman bersama Kaur Perencanaan dan Pembangunan Pekon Kanoman melakukan kunjungan silaturahmi ke Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanggamus. Kunjungan silaturahmi ini dilakukan sebagai salah satu bentuk Advokasi Kemitraan dalam mengusulkan program-program pemberdayaan pemuda pemula dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia Pekon Kanoman Kecamatan Semaka.

Dalam suasana yang penuh dengan keakraban dan keharmonisan tersebut, Bapak Drs. Suyanto,M.M Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Tanggamus didampingi oleh Kasi Infrastruktur Layanan Pemuda Bapak Tri Kesuma Wardana, S.E., memberikan kesempatan kepada pengelola Perpustakaan Rumah Baca Berlian Pekon Kanoman untuk menyampaikan maksud dan tujuan berkunjung ke Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanggamus.

Rahman yang mewakili pengelola Perpustakaan Umum Rumah Baca Berlian menyampaikan tentang peranan Perpustakaan itu tidak hanya bergerak dalam kegiatan membaca buku saja. Perpustakaan adalah ruang dimanapun berada yang nyaman bagi orang yang ingin mengakses informasi, pengetahuan, berinovasi dengan cepat, akurat dan murah. Oleh karena itu, Perpustakaan Rumah Baca Berlian Pekon Kanoman menghadirkan sesuatu yang berbeda untuk mengenalkan sebuah perpustakaan dan menarik minat masyarakat untuk datang berkunjung ke perpustakaan dengan tidak bosan menggali informasi di dalamnya baik melalui buku maupun internet, bimbingan edukasi, sosialisasi, pelatihan dan sebagainya yang di sediakan di perpustakaan Rumah Baca Berlian Pekon Kanoman ini.

Usulan Program Pemberdayaan masyarakat pemuda pemula ini didasari atas banyaknya masyarakat yang menjadi peternak sapi. Namun, belum mampu untuk mengolah limbah ternak sapi dengan baik. Sehingga dukungan dari pemerintah sangat diharapkan agar tingkat pencemaran lingkungan di Pekon Kanoman teratasi dengan program Penyuluhan Pemuda Pemula dalam Pengolahan Limbah kotoran sapi, “ujar Ermanto kaur Perencaan dan Pembangunan Pekon Kanoman”.

Menanggapi usulan permohonan tersebut, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanggamus Bapak Drs. Suyanto, M.M akan berupaya memfasilitasi usulan program kegiatan pelatihan pengolahan limbah kotoran ternak sapi bagi para pemuda pemula di Pekon Kanoman Kecamatan Semaka. Menurut beliau, pemuda merupakan simpul baru kemajuan yang perlu diberdayakan untuk menciptakan sumber daya manusia yang lebih profesional, mumpuni dalam bidangnya masing-masing sekaligus tercipta kaum muda yang kekinian berbasis teknologi tepat guna dalam bidang kewirausahaan. (Wagiman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *