Covid Meledak Lagi, Xi Jinping Pecat 30 Pejabat China!

Ilustrasi : leo2014 dari Pixabay

WARTAMU.ID, Jakarta – Pemerintah China memutuskan untuk memecat lebih dari 30 pejabat di 4 provinsi di negara itu. Para pejabat itu dianggap lalai dalam mengendalikan penyebaran Covid-19, di mana saat ini virus itu kembali meledak dengan masuknya Varian Delta, dikutip dari cnbcindonesia.com

Mengutip media resmi Global Times, di Nanjing, ibu kota Provinsi Jiangsu, China Timur, yang merupakan tempat wabah terbaru, setidaknya 15 pejabat menerima hukuman pada hari Sabtu (7/8/2021). Pejabat tersebut termasuk Hu Wanjin, wakil walikota Nanjing, Fang Zhongyou, ketua Partai Komisi Kesehatan Nanjing dan Wang Chao, komandan dari pekerjaan pengendalian anti-epidemi di Bandara Internasional Nanjing Lukou.

Pemerintah China menganggap bahwa para pejabat ini gagal dalam melaksanakan protokol Covid-19 di bandara itu. Dalam penyelidikan, diduga virus ini awalnya dibawa masuk melalui sebuah penerbangan Air China CA 910 yang terbang dari Moskow ke kota itu. Diketahui penerbangan itu membawa 69 penumpang pasien Covid dari Rusia.

Di kota wisata Zhangjiajie, Provinsi Hunan, yang saat ini merupakan titik utama infeksi Covid-19 dalam wabah terbaru, 20 pejabat dan pemegang jabatan publik dihukum karena lamban mereka dalam menangani gejolak tersebut.

Dua kota lain yang dilanda epidemi, Zhengzhou di Provinsi Henan, China Tengah, dan Yantai di Provinsi Shandong, China Timur, juga mengumumkan tindakan disipliner terhadap pejabat dan personel yang melakukan dengan tidak efektif dalam tanggung jawab manajemen dan pengawasan mereka untuk pencegahan dan pengendalian epidemi.

Menurut para analis, hukuman ini sangat penting untuk mengingatkan bahwa peran pejabat publik merupakan salah satu komponen penting dalam pengendalian virus ini.

“Wabah ini adalah peringatan bagi kita semua. Virus dapat meluncur kapan saja ketika kita melonggarkan kendali. Kita harus selalu memperketat rangkaian pencegahan epidemi,” kata Wang Peiyu, wakil kepala Institut Kesehatan Masyarakat Universitas Peking.

Jebolnya pertahanan China dari Covid Varian Delta membuat beberapa provinsi melaksanakan penguncian di kota-kota itu. Global Times menyebut, beberapa kota tampaknya telah memperlihatkan hasil yang baik dari penguncian ini meskipun berdampak pada perekonomian.

Hingga saat ini,China telah mencatat 93.826 kasus virus dan 4.636 kematian sejak wabah itu pertama kali muncul di kota Wuhan.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *